Fenomena Umum Permasalahan Pemasaran UMKM di Indonesia Khusus-nya di Jawa Tengah

Fenomena Umum Permasalahan Pemasaran UMKM di Indonesia Khusus-nya di Jawa Tengah

screenshot_4




Di era globalisasi seperti saat ini perkembangan teknologi  internet  dan  social  media  yang begitu  cepat telah menciptakan sebuah peluang besar mengenai  bagaimana  para  pengusaha dapat mengembangkan  usahanya  dengan  jaringan  yang  lebih  luas namun dengan  biaya yang  cukup  minimalis. Seharusnya  dengan perkembangan teknologi internet dan social media pengusaha di untungkan dengan media pemasaran yang  luas dan biaya yang efisien. Akan tetapi masih banyak pengusaha yang belom mengetahui penting nya pemasaran melalui internet  dan  social  media. Hal ini seperti yang terjadi di pengusaha Usaha Mikro Kecil Menengah  (UMKM). Produk UMKM di Kota Semarang dinilai banyak yang berkualitas dan bahkan telah diekspor, namun sayang belum dikenal masyarakat lokal. Data di Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang, pertumbuhan usaha telah mencapai 2,3 persen per tahun. Produk-produk lokal sangat berkualitas dan harganya bersaing. Kami ingin bekerja sama dengan kecamatan-kecamatan untuk mengangkat produk-produk unggulan lokal Semarang agar lebih berkembang,” Litani Satyawati.

Peningkatan kemampuan UMKM menjadi sangat penting mengingat tahun 2015 Kota Semarang sudah akan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau perdagangan bebas kawasan ASEAN. Masyarakat harus terus didorong menggunakan produk-produk lokal sehingga warga tidak sekadar menjadi obyek pasar, tetapi menjadi pelaku pasar. “Persoalannya, UMKM untuk bisa berkembang masih terkendala persoalan klasik, yaitu keterbatasan modal dan kesulitan pemasaran,” tambahnya. “Secara teknis yang sederhana misalnya dengan memberi pengetahuan sistem pemasaran secara online, menggelar kegiatan bazar, dan kontak dagang dengan daerah lain,” kata Litani Satyawati.

Persoalan pemasaran hingga kini menjadi masalah bagi para Usaha Kecil Menengah (UKM). Mereka kesulitan menjual produk yang dihasilkannya. Sehingga, para pelaku UKM ini nyaris tak berkembang. Karena keuntungan yang mereka peroleh tak sebanding dengan modal yang dikeluarkan. Berikut Gambaran yang terjadi juga di UMKM Surakarta.

Berdasrkan Kajian Riset yang dilakukan oleh Pusat Usaha Terpadu Koprasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT_KUMKM) Surakarta periode Januari – Maret 2016, mendapatkan hasil bahwa 38 % pelaku UMKM di Kota Solo masih terkendala masalah pemasaran di susul dengan masalah permodalan dengan prosentase 27 %.Menurut Teguh Wiji Setyahadi S.Psi, Konsultan SDM PLUT KUMKM Surakarta, Sebenarnya masalah pemasaran ini sudah dialami oleh sebagian besar UMKM dari tahun-tahun kemarin.

Masalah Pemasaran dan permodalan ini ternyata masih menjadi masalah besar bagi UMKM khususnya wilayah Kota Solo Jawa tengah.

  1. KEUNGGULAN INTERNET MARKETING

Untuk memberikan solusi Permasalahan Pemasaran, berikut kita sampaikan kelebihan-kelebihan Online Marketing.

Sebenarnya ada banyak kelebihan dari bisnis online tergantung kita menyadarinya sampai sejauh mana, inilah sebagian  kelebihan bisnis online :

  1. Tidak terikat waktu & tempat.Dengan memiliki sistem website dan autoresponder yang mampu merespon dan follow up terhadap customer, maka sistem anda akan tetap bekerja 24 jam sehari 7 hari seminggu tanpa menghiraukan kapan dan dimana anda berada.
  2. Pangsa pasar yang luas.Dengan menggunakan media Internet yang dapat diakses dari belahan dunia mana saja maka internet sangat memungkinkan untuk menjangkau target market yang sangat luas. Jadi apapun produk atau jasa yang dionlinekan akan dapat di promosikan secara elektronik melalui internet namun semuanya itu juga bergantung sejauh mana pemilik situs memfasilitasi delivery fisik produk.
  3. Media Promosi yang efektif.Promosi online lebih efektif karena dalam menjalankan bisnis online kita dapat membidik target pasar dengan menyesuaikan content/artikel sedang hangat saat itu. Jadi dengan adanya informasi/artikel yang ada pada situs kita bisa memetakan pangsa pasaran  yang akan dituju. Tinggal menyesuaikan target pasarnya saja dan tentunya tidak ada beban

dalam berpromosi seperti umumnya sales marketing yang harus face to face dengan calon pembeli.




  1. Modal & Biaya operasional yang relatif kecil. Semua bisnis memerlukan modal & biaya operasional tapi dengan bisnis online semua itu dapat ditekan sekecil mungkin tapi dapat menghasilkan pendapatan yang lebih besar dari modal & biaya operasional. Karena anda tidak perlu memiliki toko / kantor, karyawan seperti bisnis pada umumnya. Dalam bisnis ini follow up penjualan biasanya cukup dilakukan melalui email, sehingga anda tidak perlu untuk mengeluarkan biaya transport mengunjungi calon klien anda.
  2. You Are The Bos. Kelebihan yang satu ini yang paling saya senangi. Anda akan menjadi pimpinan dan sekaligus pemilik dalam bisnis online anda tanpa terikat oleh siapapun. Karena anda tidak perlu atasan yang mengatur jadwal kerja anda dlm menjalankan bisnis tapi anda sendiri yang mengatur jadwal & strategi untuk mencapai target pendapatan.

Sumber : liputan6.com, etalasebisnis.com

ikut yuk di bit.ly/kelasukm. Cara menaikkan 16 x lipat omset Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
Tempat Belajar Internet MarketingKlik Disini
error: Content is protected !!